Sweet Love Bird Family mengucapkan, Selamat Hari Raya Lebaran, Minal Aidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin :).
Haver Seed, Dianjurkan Untuk Semua Jenis Burung.
Tahukah anda bila haver berbeda dengan gandum? merupakan salah satu pilihan pakan campuran untuk burung anda. Dengan Gizi dan Nutrisi yang terkandung didalamnya dapat membantu pertumbuhan tubuh burung anda, dan menyembuhkan burung kurus relatif cepat! Haver Seed berguna untuk kesehatan semua mahkluk hidup, termasuk Manusia dan Burung.

Friday, February 17, 2012

Membedakan Jenis Kelamin Love Bird

Salah satu hal tersulit mengenai Love Bird adalah membedakan jenis kelaminnya. Bahkan oleh peternak yang sudah 2-3 tahun menggeluti dunia Love Bird, juga harus melakukannya dengan cermat agar tidak terjadi salah prediksi bahkan salah menjodohkan. Setiap peternak pasti memiliki jurus jitu dalam membedakannya untuk mencegah kerugian yang ditimbulkan bila terjadi salah prediksi. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keakuratan prediksi.

a. Bentuk tubuh. Lovebird betina cenderung memiliki tubuh yang kekar dan lebih berat. Namun kriteria ini tidak mutlak sifatnya.

b. Warna Lovebird jantan mempunyai warna yang lebuh terang dari lovebird betina. Meskipun demikian hal itu tidak selalu benar karena warna bulu juga tergantung pada makanan, iklim, dan variasi geografis.

c. Cara bertengger Lovebird betina bertengger dengan jarak antarkaki lebih lebar dibandingkan lovebird jantan.


Perbedaan jantan berina berdasar bukaan kaki (Foto: Repro dari Buku Lovebird)

d. Bentuk ekor Lovebird betina mempunyai ekor dengan bentuk lebih rata dibandingkan pada ekor lovebird jantan yang berbentuk agak meruncing.


Perbedan jantan dan betina dari bentuk ekor (Foto: Repro dari Buku Lovebird)

e. Dari Paruhnya.
Mungkin cara yang paling efektif dari semua cara diatas adalah melihat dari paruhnya, tapi ada kelemahannya yaitu membutuhkan jam terbang alias pengalaman yg lebih utk dapat menguasainya.


Tips + Foto : Mabung @Kicaumania

Untuk Love Bird jantan, paruhnya mulai dari pangkal sampai ujungnya cenderung meruncing sedang yg betina bentuk paruhnya mulai dari pangkal sampai ujung ekornya cenderung melebar ke samping.
(pic 1 : Jantan - Betina ; pic 2 : Betina - Jantan)
Biasanya usia 3-4 bulan ke atas sudah bisa dilihat.

f. Membangun sarang Kegiatan membangung sarang lebih intensif dilakukan oleh lovebird betina ketimbang jantan. Lovebird menggigit-gigit di luar sarang pada cabang-cabang dan batang yang lebih tebal. Lovebird betina akan megambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang, sedangkan lovebird jantan menyuapi lovebird betina. Namu hal ini juga tidak mutlak karena ada lovebird jantan yang juga aktif mengumpulkan bahan sarang.

g. Perabaan pada tulang pubis (supit urang). Lovebird memiliki dua tulang pubis (supit urang) pada bagian pinggulnya. Pada musim berkembang biak, tulang pubis lovebird betina menjadi lebih elastic dan jarak antara kedua tulang pubis tersebut melebar karena pengaruh hormone. Keadaan tersebut dapat dirasakan dengan rabaan tangan. Pada lovebird jantan, jarak antara dua tulang pubis tersebut sempit. Teknik perabaan ini hanya dapat digunakan bila kegiatan seksual lovebird betina dengan aktif.

h. Pemeriksaan dengan alat laparoscopy Untuk mengetahui jenis kelamin lovebird juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat laparoscopy. Lovebird yang akan diperiksa jenis kelaminnya harus dibius dulu. Setelah itu dilakukan operasi kecil pada bagian kiri tubuh burung di antara tulang rusuk, tulang pinggang dan tulang paha. Dari bagian yang dioperasi itu dimasukkan alat laparoscopy untuk melihat ada tidaknya ovary (indung telur). Jika ada ovari maka lovebird tersebut dipastikan betina. Cara ini hanya bisa dilakukan jika burung sudah dewasa.

i. Pemeriksaan DNA Cara lain untuk mengetahui jenis kelamin lovebird adalah dengan menguji DNA yang dapat diperoleh dari darah atau bulu burung. Setelah DNA diekstrak dengan larutan tertentu dan proses lebih lanjut, lalu hasilnya dipotret dengan Polaroid. Apabila dalam foto tersebut terlihat dua pita maka lovebird tersebut dapat dipastikan berkelamin betina. Namun jika terlihat hanya satu pita, lovebird itu bias dipastikan jantan.

Cara ini dianggap lebih cepat dan hasilnya lebih akurat. Namun biaya uji DNA sangat mahal. Selain itu di Indonesia belum banyak laboratorium yang menawarkan jasanyan untuk memeriksa jenis kelamin burung dengan uji DNA.

Sumber + Thanks To:
http://omkicau.com/lovebird-love-bird/
http://www.kicaumania.org/forums/archive/index.php/t-26231.html