Sweet Love Bird Family mengucapkan, Selamat Hari Raya Lebaran, Minal Aidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin :).
Haver Seed, Dianjurkan Untuk Semua Jenis Burung.
Tahukah anda bila haver berbeda dengan gandum? merupakan salah satu pilihan pakan campuran untuk burung anda. Dengan Gizi dan Nutrisi yang terkandung didalamnya dapat membantu pertumbuhan tubuh burung anda, dan menyembuhkan burung kurus relatif cepat! Haver Seed berguna untuk kesehatan semua mahkluk hidup, termasuk Manusia dan Burung.

Tuesday, June 5, 2012

Tentang Kawin pada Love Bird

Kawin, inilah proses yang sangat ditunggu tunggu oleh kita sebagai Love Bird mania. karena setelah proses ini terjadi, maka biasanya tidak akan lama Love Bird akan mengandung lalu bertelur. Kali ini kami akan share sedikit mengenai Proses Kawin pada Love Bird, semoga bisa membantu. :)

Faktanya Semua Love Bird akan kawin bila sudah tiba saat birahinya dan keadaan yang memungkinkan. Bila hanya ada 1 ekor Love Bird dan birahinya sudah terlalu tinggi, Love Bird akan berpeluang mengawini tangkringan (temukan artikelnya disini). Namun jika ada 2 ekor Love Bird dalam 1 sangkar yang sama, dan juga memiliki tingkat birahi yang kurang lebih sama, maka akan terjadi Perkawinan.

Perkawinan Love Bird sering juga dijadikan acuan dalam menentukan jenis kelamin, kami akan membagi proses perkawinan menjadi 2 bagian

1.Perkawinan Normal
Perkawinan Normal terjadi jika kedua Love Bird memiliki jenis kelamin yang berbeda (jantan-betina), ada kalanya Love Bird baru belajar belajar dalam kawin, ditandai dengan naik dan jatuhnya si jantan saat mencoba menaiki si betina. Kawin yang sesungguhnya biasanya dimulai dengan suap suapan layaknya manusia berciuman, dan berlanjut dengan perkawinan yang berlangsung lama (kurang lebih 3 menit), dan tanda lainnya adalah si betina akan melebarkan sayapnya sehingga seperti kapal, proses ini akan terputus jika Love Bird merasa terganggu. Amati saja proses ini dari jauh.
2.Perkawinan Abnormal
Perkawinan yang tidak normal yang pertama adalah perkawinan yang terjadi saat kedua Love Bird memiliki jenis kelamin yang sama (jantan-jantan / Betina-Betina)
a.Jantan - Jantan
Love Bird akan kawin walaupun keduanya berjenis kelamin Jantan, ditandai Love Bird akan bergantian mencoba menaiki satu sama lain, bilapun terjadi, si jantan yang berada di bawah akan merasa tidak betah dan ingin cepat cepat lepas dan bergantian menaiki si jantan lainnya.
b.Betina - Betina
Love Bird dengan jenis kelamin sama sama betina, bisa dikatakan melakukan proses perkawinan, ataupun bisa dikatakan juga tidak. Biasanya mereka akan menungging / ngapal kepada Love Bird betina Lain dengan harapan akan dikawin. Namun si betina lainnya biasanya akan menungging / ngapal juga.

Dalam meneliti perkawinan Love Bird kita, diperlukan waktu penelitian yang lumayan lama. sebelum Love Bird kawin secara normal, amati lagi apakah mungkin ada tanda tanda perkawinan love bird kita tidak normal dikarenakan memiliki jenis kelamin yang sama. Tetapi tentu saja belum tentu Love Bird yang kawin tidak normal, memang 100% tidak normal.

Fakta lainnya, Love Bird terkadang mengajarkan Pasangannya untuk melakukan tugasnya dalam perkawinan, sehingga terkadang si jantan akan menungging di dekat si betina, dan juga terkadang si betina mengajarkan si jantan untuk menaiki si betina. Tapi proses pengajaran ini biasanya hanya 1x atau 2x saja.


Referensi:
Sharing dengan Om Sugiharto (Bandung)